RSS

Membatasi Kuota Mobile Android dengan 3G Watchdog

15 Nov

Yap, kali ini berbeda dari biasanya. Saya ingin sharing mengenai cara mematikan, atau sebenarnya lebih tepat dikatakan “mengawasi” koneksi internet di ponsel android agar tidak jebol (pulsanya). Awal kenapa saya menulis tentang cara mematikan koneksi internet android ini adalah karena ponsel android saya mengalami eror sejak beberapa hari lalu.

Erornya berupa setiap wifi non aktif maka data traffic (sistem yang memperbolehkan koneksi internet android aktif) akan menyala, akibatnya setiap wifi mati maka pulsa saya tersedot oleh koneksi internet tersebut.

Sebelumnya saya sudah mencoba untuk mengubah settingan internet, mulai dari APN, port number, sampai mengacak-acak profil internet. Namun entah saya kurang beruntung atau sedang apes, saat saya mengetest dengan browsing di mozilla firefox android, internet tetap terkoneksi dengan lancar jaya.

Setelah browsing-browsing akhirnya saya menemukan sebuah aplikasi android yang sekiranya isa membantu, minimal bisa menekan pengeluaran pulsa karena cara kerja aplikasi ini adalah membatasi koneksi internet jika sudah melebihi kuota, nama aplikasinya adalah 3G Watchdog.
Aplikasi Android 3G WatchdogDeskripsi aplikasinya,bersumber dari Google Apps adalah sbb:

3G Watchdog.
Guarding you against costly Internet overages.

3G Watchdog data counter monitors your Mobile Internet (4G/3G/Edge/GPRS) data usage, shows a status icon (green/orange/red) in the notif bar and a detailed report page. Widget (2 sizes). And much more!

Dari deskripsinya, secara singkat aplikasi android 3G Watchdog berfungsi untuk memonitor dan mengontrol koneksi internet mobile, baik itu 4G,3G,Edge, maupun GPRS. Settingan secara singkat, anda akan diminta memasukkan kuota bulanan untuk koneksi internet mobile anda dengan angka minimal 100 kb perbulan.

Jika kuota internet mobile sudah mencapai angka 100 kb pada bulan yang anda settingkan, maka secara otomatis internet akan nonaktif. Setelah nonaktif, jika ingin merubah anda bisa kembali masuk ke bagian setting, gambarnya bisa anda lihat dibawah ini:
Membatasi Kuota Internet Mobile Android Dengan 3G WatchdogGamabr diatas adalah contoh settingan pemasukan kuota bulanan, dengan pembatasan kuota 1GB perbulan dan tambahan, aplikasi akan memberikan peringatan jika kuota yang terpakai sudah mencapai 75% dari kuota yang dimasukkan didalam setting. Saya sendiri memasukkan yang paling minimal, 100 kb untuk satu bulan karena memang saya hampir tidak pernah memakai internet operator mobilešŸ˜€.

Screenshot lainnya adalah sbb:
3G WatchdogGambar diatas menunjukkan data pemakaian sejak awal aplikasi diaktifkan, terlihat diatas data terpakai sudah mencapai 66,6 MB.

Aplikasi ini sangat berguna untuk adnd yang sering kebobolan pulsa paket internet dengan android. Dengan 3G Watchdog ini anda bisa mengawasi dan mengontrol pengeluaran anda setiap harinya sampai sebulan. Settingan yang mudah dan manfaat yang cukup besar membuat saya berani merekomendasikan 3G Watchdog.

Aplikasi 3G Watchdog tersedia di google play secara gratis, dan bisa anda download dengan mengeklik link dibawah ini:

Sudah mencoba aplikasi android 3G Watchdog, atau mungkin anda punya rekomendasi aplikasi yang lebih bagus. Silahkan tinggalkan unek-unek anda di kotak komentaršŸ˜‰

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada November 15, 2012 in Artikel

 

2 responses to “Membatasi Kuota Mobile Android dengan 3G Watchdog

  1. Video Tutorial Kontrol Pulsa Internet

    Juli 16, 2014 at 4:37 am

    makasih gan, ane sudah nyari-nyari tutorial kaya gini. akhirnya nemu juga disini. oh ya, selain tutorial ini ane juga nemu di youtube tutorial menghemat pulsa internet. ini linknya ane share dimari ya gan, biar memudahkan yang lain.

     

Tinggalkan Balasan

 
